Tips & Cara Memilih Bahan Baku Kue Berkualitas

Supplier Bahan Kue Banten
Tips Memilih Bahan Kue Berkualitas - Saat akan membuat kue sendiri di rumah, kita harus tahu bahan-bahan apa yang harus kita siapkan. Kebanyakan resep masakan hanya menyebutkan bahan-bahan yang diperlukan dan cara memasaknya saja. Bagi yang masih awam, tentu akan mengalami kesulitan untuk mengetahui Bahan Kue yang bagaimana yang akan digunakan.

Bahan untuk membuat kue yang baik dan berkualitas akan menentukan hasil kue itu sendiri. Banyak faktor yang menyebabkan kegagalan dalam membuat kue atau roti. Selain karena cara memasak dan komposisi bahan yang digunakan, kualitas bahan juga merupakan faktor yang sangat penting.

Berikut ini adalah tips untuk memilih bahan kue yang berkualitas:


  • Tepung
Tepung adalah bahan utama untuk membuat kue atau roti. Untuk memilih tepung yang baik kita harus tahu tepung apa yang akan digunakan dan berapa kadar protein yang dikandungnya. Untuk Tepung Terigu protein sedang biasanya digunakan untuk bahan cake dan kue-kue tradisional, tepung dengan protein tinggi biasanya dibuat untuk bahan roti, pastry, donat dan kue-kue bakery. Secara fisik, pilih tepung yang berbau segar dan tidak apek, warna putih seragam, tekstur lembut dan tidak menggumpal. Bila akan dipakai sebaiknya diayak terlebih dahulu. Selain terigu, kita juga bisa menggunakan tepung beras, tepung jagung (maizena) tepung tapioka, dan lain-lain.

  • Telur
Pilih telur yang masih baru dan segar. Bila menggunakan lebih dari 1 butir, pilih yang ukurannya sama baik bentuk dan besarnya, sehingga kandungan putih dan kuning telurnya seimbang.

  • Gula
Pemilihan gula tergantung jenis kue yang akan dibuat. Ada yang menggunakan gula pasir biasa, gula palm, gula merah, atau gula halus. Gula berfungsi untuk memberi rasa manis dan memberi warna pada kue. Selain itu juga bisa mempercepat waktu pengocokan.

  • Lemak
Lemak berfungsi sebagai bahan pelengkap untuk memperhalus pori-pori kue, mempercepat pengadukan dan memberi warna alami kue menjadi kekuning-kuningan. Biasanya menggunakan margarine atau mentega. Margarin dibuat dari lemak nabati atau tumbuhan sedangkan mentega dibuat dari lemak hewan. Bisa juga menggunakan santan kental. Pilih lemak yang beraroma harum, dan bentuknya tidak terlalu padat atau terlalu cair. Penggunaannya juga harus sesuai takaran resep yang dianjurkan.

  • Bahan Tambahan
Bahan tambahan ini bersifat sebagai pengembang kue. Ada beberapa macam yang biasa digunakan, antara lain ragi, ovalet, TBM, Baking Powder, soda kue, dan lain-lain. Pilih yang tidak kadaluarsa dan pembungkusnya masih rapat. Selain itu susu juga bias dipakai. Bila menggunakan susu, sebaiknya pilih susu skim yang tidak mengandung lemak.

Tips diatas tentu saja bisa Kita praktekkan langsung bila kita akan membuat kue sendiri, jadi tidak perlu bingung lagi untuk mengetahui Bahan Kue yang bagaimana yang harus kita gunakan. Ada kalanya kita harus mencoba berkali-kali untuk menghasilkan kue yang maksimal. Tapi itu tidak masalah, karena skill memasak Anda akan menjadi lebih berkembang.

Untuk membeli aneka Bahan Kue yang berkualitas dapat menghubungi Banten Top dimana ini adalah Toko Supplier Bahan Kue Banten yang sangat berkompeten dalam menginformasikan dan menyediakan bahan-bahan kue yang berkualitas.


Simak Juga Tips lainnya:

Komentar

  1. Bahan baku pembuatan kue kudu pas karena gw pernah bikin kue gagal karena salah bahan kwkwkw

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Jenis Tepung Terigu Bogasari

Mengenali Berbagai Macam Bahan Kue & Kegunaannya