Lezatnya Kue Gipang Oleh-oleh Khas Banten

Oleh-oleh khas banten
Kue Gipang oleh-oleh Khas Banten - Beras ketan putih yang dibentuk kotak persegi panjang. Lalu dilumuri air gula yang dicampur asam sehingga mendapatkan tekstur yang lengket tetapi renyah. 
Kotakan beras ketan yang dilumuri tadi menjadi mengkilap sehingga menggungah selera yang melihatnya. Renyah ditambah gurih didapatkan dari tumbukan kacang yang berada di atasnya. 
Makanan ringan yang satu ini konon merupakan salah satu penganan khas Banten yang banyak dijual sebagai oleh-oleh Banten. Rasanya renyah, manis, sedikit lengket karena terbuat dari ketan yang dicampur dengan air gula. Mau mencicipinya?

Tak banyak yang tahu kalau kota kecil ini menyimpan sejumlah penganan yang menggoyang lidah. Salah satu makanan ringan Khas Banten yang cukup populer baik dinikmati sebagai camilan maupun oleh-oleh adalah kue gipang.

Boleh dibilang bahan-bahan pembuat kue gipang sangat sederhana. Bahan utama untuk membuatnya adalah beras ketan putih atau ketan merah. Setelah dikukus, ketan lalu didinginkan dan dicuci air bersih lalu ketan pun dijemur hingga kering. Nah, kemudian barulah digoreng dan dicampur dengan air gula sehingga teksturnya khas sedikit lengket saat disantap.


Kue Gipang yang sudah jadi lalu dipotong-potong tipis. Jika dulu gipang tidak memiliki variasi rasa, kini gipang dibuat dalam berbagai varian rasa seperti rasa pandan dan gula merah. Ada pula yang dioles dengan selai kacang diatasnya untuk memberikan rasa yang gurih-gurih enak.

Kini Kue Gipang Khas Banten bisa dibilang merupakan penganan yang cukup langka, tak banyak lagi penjual penganan ini di luar kota Serang. Bahkan di Banten sendiri gipang hanya dibuat di industri-industri rumahan di kampung-kampung. Padahal makanan ringan ini memiliki potensi yang sangat besar, sebab selain rasanya enak harga gipang pun sangat terjangkau.


Untuk mencicipi kenikmatan Kue Gipang, jika Anda berjalan-jalan ke kota Serang, Anda bisa temukan di perempatan Ciceri, gerbang jalan tol Serang Timur, dan Pasar Lama. Sedangkan untuk pembelian Kue Gipang Premium secara Online dapat menghubungi Banten Sweets dengan mengunjungi Link berikut Bukalapak.com/herisusyanto


Banten Top - Toko Supplier Bahan Kue Serang Banten

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Jenis Tepung Terigu Bogasari

Mengenali Berbagai Macam Bahan Kue & Kegunaannya

Tips & Cara Memilih Bahan Baku Kue Berkualitas