3 Resep Kue Kering Lebaran Terpopuler

Resep Kue Kering
Resep Kue Kering Lebaran - Siapa sih yang tak mengenal kue kering lebaran? Kue khas yang menjadi sajian ketika lebaran tiba, rasa-rasanya sudah tak asing lagi bagi semua orang. Kue Kering Lebaran merupakan salah satu sajian wajib untuk menyambut tamu yang akan datang berkunjung ke rumah kita. Kue kering lebaran ini memiliki banyak kreasi rasa dan bentuk yang unik.

Kue kering lebaran itu sendiri terbuat dari adonan tepung baik itu Tepung Terigu, Tepung Sagu, Tepung Beras dan tepung lainnya yang dimana mempunyai citra rasa yang sangat manis. Namun sekarang ini kue kering lebaran sudah semakin berkembang akan kreasinya sehingga terdapat rasa asin dan juga kue yang mempunyai rasa yang sangat gurih. Kreasi yang diutarakan pada sebuah adonan kue kering bukan hanya dalam hal citra rasa saja, namun pada segi bentuk tampilan juga turut dikreasikan, sehingga setiap Kue Kering yang diciptakan dapat terlihat lebih menarik dan para penikmatnya semakin tergiur tak sabar untuk memakan kue kering tersebut

Nah, penasaran dengan Resep Kue Kering Lebaran Terpopuler? Yuk Simak 3 Resep Kue Kering Lebaran Populer yang dapat kamu buat sendiri atau bersama keluarga di rumah sebagai sajian bagi sanak saudara atau tamu yang berkunjung.



Resep Kue Kering Nastar - Nama nastar sebenarnya berasal dari nama asing yaitu "nastaart" yang berarti "Pineapple Cake". Di masyarakat sunda sering disebut "Ganas Jeung Tarigu (Nanas Dan Terigu)". Kalian pastinya tahu dong, kue nastar ini merupakan menu wajib yang ada dalam daftar sajian hari raya lebaran. Hihihi.

Dalam bahasa inggrisnya sendiri sering disebut "Pineapple Tarts" atau "Pineapple Nastar Roll". Sajian kue lebaran ini terkenal juga pada saat perayaan imlek lho. Kue nastar di Imlek sebenarnya juga sudah merupakan tradisi lama yang wajib disuguhi. Kue kering yang berisikan selai nanas ini mengandung arti dan simbol kemakmuran.

Dalam bahasa hokian berarti "Ong Lai". Maksudnya adalah buah pir emas yang mengandung makna kemakmuran datang kemari. Rezeki dan keberuntungan selalu datang. Warna emas, dan tekstur lembut dan rasa manisnya melambangkan rezeki yang melimpah dan manis. Terlebih jika isi nanasnya lebih banyak, maka rezekinya akan banyak berlimpah limpah.

Awal mulanya, nastar juga lebih ke arah ritual keluarga, dimana setiap keluarga membuat kuenya sendiri dengan menggunakan resep dari turun temurunnya. Namun seiring berjalannya waktu, ritual tersebut hilang dan para pengusaha bakery yang melihat peluang ini mengambil kesempatan untuk membuat kue nastar dan dijualnya sebelum imlek datang.


Bahan-bahan Kue Kering Nastar:
  1. Tepung terigu sebanyak 450grm
  2. Telur 6 butir, pisahkan antara kuning telur dan putih telurnya
  3. Keju parmesan sebanyak 50-75grm
  4. Gula halus sebanyak 150grm
  5. Mentega sebanyak 375grm
  6. Susu bubuk sebanyak 110grm
  7. Nanas segar berwarna kuning ranum untuk dibuat selai
Cara Membuat Selai Nanas
  1. Selai nanas untuk kue nastar nanas ini memang bisa kita beli dalam kemasan siap pakai. Namun, kita juga bisa membuatnya sendiri dengan bahan utama buah nanas segar yang telah masak dan berwarna kuning ranum.
  2. Pemilihan buah nanas ini akan menentukan aroma wangi pada selai nantinya.
  3. Parut nanas menggunakan parutan keju tajam. Jangan menggunakan blender untuk membuat selai nanas.
  4. Panaskan nanas tanpa dicampur gula menggunakan nyala api sedang. Apabila air pada nanas telah menguap maka barulah kita masukkan gula ke dalamnya. Masak sampai nanas kering
  5. Tambahkan garam agar cita rasa selai semakin bertambah
  6. Ratakan selai nanas di loyang lalu panggang sebentar saja di dalam oven
Cara Pengolahan
  1. Setelah selesai membuat selainya, saatnya kita beralih pada Resep Kue Kering Nastar. Pertama, campurkan tiga kuning telur dengan dua putih telur, lalu kocok sampai rata.
  2. Tambahkan mentega, tepung terigu, keju parmesan dan gula halus. Aduk sampai rata. Apabila masih terlalu encer, tambahkan kembali tepung terigu ke dalamnya.
  3. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil dan di dalam bulatan tersebut isilah menggunakan selai nanas yang telah dibuat.
  4. Letakkan adonan kue nastar nanas di atas loyang. Panggang dengan suhu antara seratus tujuh puluh sampai seratus delapan puluh derajat celcius dalam waktu lima belas menit.
  5. Gunakan sisa kuning telur yang tersisa untuk dioleskan di bagian atas kue agar warna kuningnya semakin menggoda selera.
  6. Setelah matang, angkat kue dari dalam oven dan biarkan dingin. Kue nastar nanas siap disajikan.
Dengan bahan-bahan yang sederhana serta langkah-langkah yang mudah untuk diikuti, kita bisa memasak sendiri Kue Kering Nastar Nanas ini sebagai sajian di Hari Raya Idul Fitri. Agar tampilan kue semakin menarik dan rasanya kian gurih, kita bisa menambahkan parutan keju di atas kue setelah matang.



Resep Kue Kering Kastengel - Salah satu kue kering yang biasanya dan hampir wajib ada di saat Lebaran adalah Kue Kastengel Spesial. Ya, selain Putri Salju, Kue Nastar dan lainnya, kue kering Kastengel renyah ini yang berbentuk kecil dan rasanya gurih ini merupakan menu wajib yang biasanya ada di meja meja tamu. Dengan bentuk yang cantik, gurihnya keju dan bentuk mungil yang pas untuk dimasukkan di mulut menjadikan Resep Kastengel Keju menjadi salah satu daftar yang paling di cari oleh ibu ibu dan teman teman putri menjelang hari Raya.

Memang, untuk teman teman yang tidak mau repot dan tidak punya banyak waktu, lebih praktis untuk membeli jadi kue kastengel spesial yang enak dan renyah dari penjual Kue Kering. Tetapi untuk ibu ibu dan remaja putri yang hobi masak dan punya waktu luang, membuat Resep Kue Kastengel Keju renyah sendiri di rumah merupakan salah satu pengisi waktu yang cukup menyenangkan. Selain bisa bereksperimen sendiri dengan menambahkan bahan bahan untuk hasil yang lebih enak dan renyah, anda juga bisa sedikit berkreasi dengan menambahkan bahan lain atau membuat bentuk yang beda ukurannya.

Seperti cara membuat Resep Kue Kering lainnya, Resep Kue Kastengel juga memerlukan beberapa alat yang harus dipersiapkan sebelum memulai proses pembuatan kuenya, seperti oven, loyang, mixer dan yang lainnya. Banyak yang belum tahu bahwa cara membuat Kue kering kastangel sebenarnya mudah dan tidak terlalu membutuhkan waktu yang lama. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan bahan Terigu Protein Sedang, proses pengadukan dan keju yang di gunakan. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat detail bahan bahan yang digunakan dan cara membuatnya di bawah.


Bahan-bahan Kue Kering Kastengel:
  • 225 gram margarin
  • 1 kuning telur untuk adonan
  • 2 kuning telur untuk olesan
  • 1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 275 gram tepung terigu protein rendah
  • 25 gram keju edam, diparut
  • 50 gram keju cheddar, diparut
  • 50 gram keju cheddar parut sebagai taburan.
Cara Pengolahan
  • Kocok margarin dan kaldu asal rata sekitar 30 detik. Tambahkan kuning telur. Kocok rata.
  • Tambahkan tepung sambil diayak dan diaduk rata.
  • Masukkan keju. Aduk rata.
  • Giling adonan. Potong-potong persegi panjang. Oles kuning telur. Tabur keju. Oven 45 menit dengan suhu 150 derajat Celsius sampai matang.
  • Untuk 385 gram
Sekiranya itulah informasi seputar Resep Cara Memasak Kue Kering Kastengel yang dapat kami informasikan untuk anda dirumah. Keep going buat masak terus yah and never give up. Pasti akan terus ada jalan untuk bisa buat bangga keluarga dirumah.



Resep Kue Kering Putri Salju Keju - Siapa yang bisa menghindari pesona kelezatan kue kering lebaran satu ini. Kerenyahan yang dipadukan dengan kelembutannya memang membuat setiap orang akan ketagihan dengan kue kering putri salju ini. Sama seperti cerita putri salju, kue kering lebaran ini juga terkenal akan kecantikannya. Tampilan luarnya putih dibalut dengan taburan gula halus. Rasanya yang renyah dan cruncy di luar tetapi lembut di dalam membuat setiap orang pasti menyukainya. Ada beberapa macam jenis resep kue putri salju ini. Sebut saja kue salju kacang mede, kacang tanah dan resep putri salju keju. Semua kue tadi sebenarnya sama cara membuatnya. Perbedaannya hanya terletak di bahan yang digunakan.

Pada umumnya untuk membuat kue kering khas lebaran seperti Kue Kering Nastar atau Kue Kering Putri Salju ini hanya membutuhkan bahan-bahan sederhana bukan. Seperti tepung terigu, telur, mentega, gula halus dan lainnya. Nah di resep kali ini kita akan menambahkan keju yang gurih di dalam bahan putri salju yang digunakan. Pasti bisa dibayangkan bukan bagaimana kelezatan resep kue putri salju keju yang akan kita buat ini. Resep salju yang biasa saja sudah begitu menggoda dan mengundang selera. Apalagi ditambah dengan parutan keju yang legit di adonannya. Perpaduan kelembutan kue kering salju ini dengan gurih dan lezatnya keju yang digunakan pasti akan disukai oleh semua orang. Jadi jangan heran ya kalau nanti banyak keluarga atau tamu saat lebaran nanti pada ingin tahu rahasia cara membuat putri salju keju ini.


Bahan-bahan Kue Kering Putri Salju Keju:
  • 75 gram kacang tanah, dioven matang, dicincang kasar
  • 225 gram margarin
  • 1/4 sendok teh garam
  • 75 gram gula tepung
  • 1/4 sendok teh pasta vanila
  • 1 kuning telur
  • 250 gram tepung terigu protein rendah
  • 25 gram maizena
  • 15 gram susu bubuk
  • 100 gram keju parut kasar, diangin-anginkan
  • 200 gram gula tepung sebagai taburan

Cara Pengolahan
  • Kocok margarin, garam, gula tepung, dan pasta vanila 2 menit sampai lembut. Tambahkan kuning telur. Kocok rata.
  • Masukkan tepung terigu, maizena, dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata. Tambahkan kacang tanah dan keju parut. Aduk rata.
  • Ambil sedikit adonan. Bentuk lonjong. Letakkan di dalam loyang yang dioles tipis margarin.
  • Oven dengan api bawah suhu 130 derajat Celcius 45 menit sampai matang.
  • Panas-panas gulingkan di atas gula donat.
  • Untuk 750 gram
Itulah informasi mengenai Resep Cara Memasak Kue Kering Putri Salju Keju yang kami sampaikan untuk anda. Apabila anda buat dengan segenap kemampuan pasti hasil kuenya akan enak dan membuat happy keluarga. Terus memasak yah, dan jangan menyerah.


Toko Supplier Bahan Kue Banten Top mengucapkan Selamat Hari Raya Lebaran 2017
Selamat meraih kemenangan dan Mohon maaf lahir dan Bathin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Jenis Tepung Terigu Bogasari

Mengenali Berbagai Macam Bahan Kue & Kegunaannya

Tips & Cara Memilih Bahan Baku Kue Berkualitas